asupan makanan untuk penderita vitiligo

Vitiligo adalah salah satu penyakit kulit di mana warna kulit berkurang yang akan menimbulkan bercak-bercak putih pada kulit. Vitiligo biasanya disebabkan oleh terganggunya pigmen pembuat warna kulit, hingga timbul warna bercak putih di daerah itu. Namun diduga disebabkan oleh antibodi yang mengakibatkan matinya melanosit (pembentuk pigmen kulit), yang berkaitan dengan sistem imun dan sistem saraf.

 

Pengobatan vitiligo umumnya memerlukan waktu lama, dan berbeda untuk tiap orang. Ada yang beberapa bulan warna kulitnya sudah kembali sama dengan sekitar, ada pula yang sampai tahunan bahkan puluhan tahun. Pada vitiligo, pigmen warna kulit yaitu melanin, tidak terbentuk, sel-sel pembuat warnanya tidak bekerja karena diserang oleh tubuh sendiri.

 

Penyebabnya sampai saat ini, belum diketahui secara pasti. Diduga akibat trauma fisik yang tidak biasa seperti cedera di kepala dan cenderung timbul bersamaan penyakit tertentu semisal kencing manis dan tyroid.

 

Mekanisme timbulnya penyakit ini juga belum diketahui pasti. Salah satu mekanisme yang banyak diyakini adalah gangguan autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh bereaksi melawan organ/jaringan tubuh sendiri dan tubuh membentuk antibodi yang merusak organ atau jaringan tersebut. Dalam hal vitiligo, organ yang dikenali sebagai ‘benda asing’ adalah melanosit, yaitu sel yang berfungsi untuk membentuk melanin (pigmen/zat warna kulit, rambut, mata).

 

Ada 2 kemungkinan penyembuhannya. Kalau masih ada sel-sel pigmennya pada kulit/rambut, Insya Allah bisa sembuh. Tetapi kalau sel pigmennya tidak ada lagi, maka warna kulit tidak bisa kembali normal. Ada tidaknya pigmen bisa diketahui dari pemeriksaan potongan kulit dengan mikroskop (pemeriksaan histopatologik). Fasilitas ini hanya ada di rumah sakit umum pusat provinsi, dan biasanya dilakukan oleh dokter spesialis kulit bila pengobatan jangka lama tidak memperlihatkan kemajuan.

 

Berdasarkan hasil penelitian, pada penderita vitiligo ditemukan kadar asam folat, vitamin B12, dan vitamin C yang rendah. Maka, suplementasi asam folat (1-10mg per hari), vitamin C (1 gram per hari), vitamin B 12 sebanyak 1000-2000 mcg setiap 2 minggu, dapat menimbulkan repigmentasi pada sebagian orang. Kalau memungkinkan disinergikan dengan paparan sinar matahari pagi, sambil berjemur atau berolahraga.

 

Asam folat bisa diperoleh pada sayuran berdaun hijau seperti kale, bayam dan beet hijau. Sumber lainnya terdapat pada kacang-kacangan, asparagus, brokolo, kubis, jeruk, sayuran akar dan gandum penuh. Sedangkan B12 banyak terdapat pada bahan makanan hewani seperti hati, ginjal, telur, ikan, keju dan daging. Sementara vitamin C hampir terdapat pada semua sayuran dan tumbuh-tumbuhan.

 

Pengobatan alternatif lain yang bisa membantu mengatasi masalah ini adalah akupuntur. Terapi ini sangat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan sel-sel kulit sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Kendati pengobatan vitiligo membutuhkan waktu yang sangat lama, ada baiknya saudari terus tetap berdoa kepada Allah, karena pada hakekatnya Allah yang menurunkan penyakit dan Allah pula yang menurunkan obatnya. Di samping itu, sakit yang saudari derita semata-mata rasa kasih sayang Allah pada saudari. Jika sabar, insya Allah tidak hanya pahala yang didapatkan, tapi juga peningkatan derajat di dunia dan akhirat.

 

Nabi Ayub AS pun pernah dirundung penyakit begitu lama, saking lamanya, selain hartanya habis untuk biaya pengobatan, putra-putri beliau ikut meninggalkannya tak tahan dengan derita yang dialami oleh nabi Allah itu. Yang menarik, nabi Ayub tidak pernah mengeluh apalagi minder. Hanya berteman isterinya yang soleha, beliau menjalani hidup sebagaimana adanya. Ketika ditanya isterinya kenapa tidak berkeluh kesah kepada Allah tentang penyakitnya itu, beliau pun menjawab: “Saya malu mengeluh kepada Allah, karena kenikmatan yang Allah berikan kepadaku lebih besar daripada penyakitku ini.”

 

Rasullah bersabda, “Setiap penyakit pasti ada obatnya.” Karena itu bersabarlah dalam menjalani pengobatan, di mata Allah, berobat itu wajib dan bersifat ibadah. Tentunya, manifestasi ibadah adalah pahala. Selama 11 tahun saudari berobat, selama itu pula tanpa disadari anda menginvestasikan pahala. Rasanya naif, jika investasi yang sudah terkumpul begitu lama dihancurkan hanya dengan keluh-kesah.

 

Produk HPA yang insya Allah dapat membantu mengatasi penyakit saudari adalah Coscinium, Teh Herba, Madu dan Spirulina untuk diminum, sedangkan untuk dioleskan di wajah adalah Bedak Awana dan Minyak Pati Sepang. Caranya, Bedak Awana dan Minyak Pati Sepang dicampur lalu dioles pada wajah sebelum tidur.

Atau sebagai gantinya dapat gunakan belerang yang dipanaskan. Ketika mendidih, gunakan kapas dan tempelkan pada bagian spot. Atau menggunakan pangkal kayu randu yang dibakar hingga muncul busa, lalu digosokkan pada spot vitiligo.

 

 

 

Posted in vitiligo dan pengobatanya | Leave a comment

lada hitam dan vitiligo

Vitiligo adalah suatu kondisi di mana di sebagian wilayah kulit kehilangan pigmen normal, sehingga permukaannya tampak memutih.

Seperti yang dipublikasikan dalam British Journal of Dermatology, para peneliti dari King’s College London berhasil mengungkap manfaat piperin— kandungan utama yang membuat lada hitam terasa pedas dan gurih—dalam merangsang pigmentasi dalam kulit.

Vitiligo sendiri merupakan jenis penyakit kulit prevalensinya diperkirakan cukup besar, yakni menyerang satu di antara 100 orang.

Sejauh ini, para dokter mengobati vitiligo dengan menggunakan kortikosteroid yang dioleskan pada kulit. Pengobatan lainnya yakni de­ngan teknik fototerapi yakni menggunakan radiasi ultraviolet menciptakan kembali pigmen kulit.

Sekalipun begitu, dua metode pengobatan tersebut tingkat keberhasilannya masih rendah. Berdasarkan penelitian, hanya kurang dari seperempat pasien saja yang merespon positif pada kortikosteroid.

Sementara itu, penggunaan radiasi UV untuk menciptakan pigmentasi dalam jangka panjang dikhawatirkan akan memperbesar risiko terkena kanker kulit.

Dalam penelitian tersebut, tim peneliti menguji efek piperin dan bentuk sintetisnya untuk dioleskan pada kulit tikus. Pengujian ini ada yang diikuti dengan radiasi UV dan tanpa radiasi UV.

Dari pengujian terlihat, jika piperin serta dua jenis derivatifnya dioleskan tanpa radiasi UV, teknik ini dapat menstimulasi pigmentasi kulit menjadi berwarna coklat terang dalam kurun waktu sekitar enam minggu.

Sementara itu, jika piperin dikombinasikan dengan radiasi UV, kulit menjadi lebih gelap. Efek yang dihasilkan dengan terapi kombinasi dapat dicapai dalam waktu yang lebih singkat ketimbang hanya menggunakan radiasi UV saja. Efek yang dihasilkan pun berlangsung lebih lama.

Selain itu, terapi kombinasi ternyata bisa memberi pigmentasi yang lebih baik ketimbang radiasi UV saja, yang biasanya menghasilkan pigmentasi yang tidak merata.

Karena itu para peneliti yakin bahwa piperin dapat merangsang produksi sel-sel pigmen kulit yang disebut melanosit.

“Riset kami telah menunjukkan pengobatan topikal dengan piperin dapat merangsang pigmentasi dalam kulit,” ungkap salah seorang peneliti, Professor Antony Young.

“Mengkombinasikannya dengan radiasi UV secara signifikan dapat meningkatkan pigmentasi dengan hasil yang lebih baik secara kosmetik ketimbang terapi vitiligo konvensional,” sambungnya.

Penelitian ini tentu disambut baik ikatan dokter kulit di Inggris. Salah satunya adalah Nina Goad dari Asosiasi Dermatologi Inggris. Dia setiap perkembangn dari pengobatan penyakit ini akan disambut dengan tangan terbuka.

“Penemuan ini secara potensial dapat membawa ke arah pengembangan dan pengobatan lebih baik yang tak hanya menyediakan hasil lebih memuaskan tetapi juga menurunkan kebutuhan radiasi UV pada pengobatan vitiligo, sehingga menekan risiko mengidap kanker kulit,” jelas Goad. rm

 

Posted in vitiligo dan pengobatanya | Leave a comment

tips untuk vitiligo

Tips

 

by Vitiligoboy:

Oya,aq ada tips buat viti yg di daerah wajah..bisa ditutupin pake make-up lho.. Pertama kasih alas bedak..trus eye shadow coklat agak hitam..pake jari biar rapi..trus dirapihin or dibersihin pake tissue buat yg keluar area vitiligo.. Aq pake itu buat di samping bibir aq..hasilnya lumayan buat nutupin.. Kalo dah sering jadi terlatih lho..hasilnya makin bagus..tp tetep harus diobatin ya! Itu kan buat sementara aja.. Jd dia ga putih2 bget bahkan kl kita dah terbiasa..warnanya hampir sama ama kulit normal kita hasilnya..hehe.. Kl aq alas bedak n bedaknya dah nyatu dr pabrik..aq pake ultima-2..kalo eye shadow bisa pake la tulipe or mirabella..asal ada warna coklat tua kehitam2annya.. Emang sih buat yg cowok rada risih..tp gpp..bodo amat org mau blg apa..iya ga? Kita kan bs sembunyi2 pakenya di kamar..pas keluar kamar..ke mall kan ga ada yg tau.. Aq orgnya cuek sih..temen2 aq kbyakan dah tau..mereka fine2 aja..haha..jangan takut..Ga bakal jd banci koq kl pake itu..hahahaha..

 

by RT :

saya selalu pakai pinsil alis dulu, terus saya pakai fondations yg sewarna sama kulit, mereknya macem2, ada mac, pac, maybelin, kalau kena air engga hilang asal jgn digosok, kalau kekantor saya hanya pakai yg jari, kalau cuci tangan agak hilang, tinggal saya tambahin sedikit, coba deh pac, warnanya byk, kalau saya si sering kecounter kosmetik coba2 warna, pertama si malu lama2 cuek aja, org kita mau beli kok he…..Catatan:

Apapun pengobatannya disarankan sangat untuk dikonsultasikan ke dokter dahulu.

Reaksi obat bagi setiap penderita bermacam-macam, ada yg ampuh ada yg tidak.

Jikalau terjadi melepuh, terbakar atau iritasi hentikan sementara pengobatan, konsul ke dokter.

Jika kesembuhan tak kunjung datang….jangan menyerah setidaknya pengobatan dapat menahan penyebarannya.

Jika temen2 pnya info lain mohon dikabarkan info nya yah…

 

Posted in vitiligo dan pengobatanya | Leave a comment

rangkuman penyembuhan vitiligo

Berikut adalah obat-obat yang telah dicoba temen2…

Protopic Oitment 0,1% (untuk dewasa), cara pakai 2 x sehari, hindari kontak langsung dengan matahari, baiknya malam

Delsolaren liquid, diracik dengan alcohol 70%, perbandingan 1: 10. Di jemur pagi jam 7 tidak lebih dari 1 menit. Jika takut kebakar, seminggu sekali dulu, trus 3 kali seminggu, optional tergantung kondisi pasien

Kalawalla, Antivitiligo oil, Lada hitam, Jintan hitam atau Habbatussauda,Cangkok pigmen, Kultur, Protopic sama dermovel

Cream lada hitam dr David (Vitiligo Indonesiaà FB GROUP)

Laser ultraviolet A atau B

sinar UVB di RSUD Tarakan Jakarta dan RSCM Jakarta . disini Harga protopic cuma 294 ribu, biaya sekali sinar 55ribu + administrasi 5ribu jadi 60ribu… Dan harus sabar dan rutin… banyak pasien yang udah sembuh dengan metode ini,

banyak mengkonsumsi sayur/buah yang mengandung Antioksidan

terapi UV berat badan jg turun

RS Kariadi Semarang udah ada pengobatan dg sinar uv

sinar MEL 308 itu sinar gelombang pendek utuk numbuhin pigmen baru cara penyinarannya tidak dipapar tapi hanya vitinya aja yg disinar jadi dibuat dulu cetakannya lama penyinaran untuk anak saya cuma 8 detik. 1 bulan pertama banyak keluar spot hitam baru…cukup menjanjikan sebetulnya. Disana banyak ketemu pasien senasib, ada lho yg cuma 5 kali sinar sembuh total

terapi UVB di Tarakan seminggu 2 kali, terus minum obatnya sehari 3 kali sekali minum 2 kapsul, sebenarnya di boxnya dianjurkan untuk sekali minum 3 kapsul, tapi ama bos saya suruh minum 2 kapsul dulu. Untuk biaya uvb sekali sinar Rp. 60.000 sudah termasuk pendaftaran dan biaya dokter

terapi sinar, ada di Rs.Gading Pluit. Soal biaya, ini kondisi 1 th yll, biayanya Rp 100 rb/1 cm, nah dikali deh sama luasnya si viti, biaya konsultasi Rp 150 rb.seminggu 2x. telp 021-45866068

Vitamin

minum vit b12 and b-complex. Sehari masing2 1tablet. Tp jgn terus2an takutnya ga bgs buat ginjal.. Tp menurut aq gpp jg..kan vitamin y..bukan obat.. Bro and sis sekalian..katanya kita ga boleh terlalu byk konsumsi vit-C lho!

Sekedar info, Vit C tdk dianjurkan untuk penderita viti, klopun mao make dosisnya normal kebutuhan tubuh 60mg/hari, nyari vit C nya dari buah2an aja. Vit C emang bagus untuk tubuh dan kulit tapi si melanin juga ikutan subur.

Vit E 400 IU

Minum Seleca (Antioksidan) dan Nutrimax  (diboxny mengandung vit E jg)

Nature Plus Vitamin E atau Nutrimax Vitamin E

Seloxy (VIT E )

Ginko biloba dikonsumsi rutin bagus bwt viti.danbagi yg mau mencoba dngn lada hitam, caranya lada hitam digerus trus dicampur sedikit dng minyak zaitun baru diolesin sblm berjurem

Obat Cina

Dragonrear Bai Tien Feng Wan, toko obat Cina di Karawaci harganya 27ribu 1 botol isinya 50 kapsul. Trtulis khasiatny u/ mbntu memelihra fungsi hati & sirkulasi drah.

Bai Tien Feng,.. Trus di dalam box nya ada petunjuk pemakaiannya dan makanan yang harus dihindari di situ di tulis ga boleh makan ikan air tawar, cabe, kunyit, dan satu lagi yang bikin aku ga ngerti yaitu ga boleh makan Ayam jantan (laki-laki)…

Dragonrear Bai Tien Feng Wan. Isinya herbail, tapi kata simseh-nya ini obat buat Vitiligo. Translate di kota keliru buat fungsi hati dan sirkulasi darah. Ada di Toko Obat Tay Seng Hoo, menurut teman-teman etnis tionghoa ini sim seh paling kahot di Jakarta. Harganya 37.500 perbotol isi 50 kapsul dimakan 3X sehari. Alamat Toko Obat Tay Seng Hoo di Jl. Pancoran No. 28 Jakarta Barat, Telp. (021) 6912213 atau (021) 6903172

jika ingin mendapatkan bai dian feng.. ada ebay dan bbrp website yg menjual secara online.. harga sekitar 9,3 dolar per bungkus isi 60 kapsul minum 3×3/hari.. insya Allah lebih efektif untuk yang sudah parah…

Rumah Sakit

RSUD Tarakan di sana bisa langsung dengan Dokter Gracia, depigmentasi… perlu waktu juga untuk mutihkan semua…

Jadi harus sabar dan rutin…

minta depigmentasi tp dì tolak dokter krn vitinya BELUM SAMPAI 50%. Dan Aku prnh dngr ada pasien viti di RS pusdikkes kramat jati jakarta waktu itu dia vitinya coba di akupuntur spy balik ke kulit normal atau repigmentasi tnyt stlh kira2 3 bln akupuntur bukan repigmentasi yg didapat malah depigmentasi dan putihnya rata. Dan aku skrg sedang coba akupuntur lagi sdah 4 kali memang ada vitinya yg tmbh lebar. ( Viko)

dari tgl 10 juli kemaren saya ke Kuala Lumpur ( Malaysia ) dan datang ke spesialis kulit,saya di injeksi dan di laser serta dikasih obat saleb,obat cair untuk si oleh 2 hari sekali.injeksi harus dilakukan se bulan se kali.karena saya jauh dari Malaysia maka dokter kasih obat pengganti injeksi yaitu tablet minum nama obatnya PREDNISOLONE dan VESYCA,tapi obat minum harus di minum 30 hari/sebulan setelah di injeksi.karena injeksi tahan untuk 1 bln,kayaknya baru beberapa hari di injeksi ada perobahan,viti yang kecil kecil udah mulai memudar,kalo teman2 ada kuasa dan mau datang ke kuala lumpur alamat kliniknya adalah NATHAN SKIN &LASER CENTER.1ST FLOOR,MENARA DBKL II JALAN RAJA LAUT,50350 KUALA LUMPUR MALAYSIA.TELP:(603)26915858.FAX(603)26918728. Atau DATO’DR.P.S.NATHAN.Email:Satku@pc.jaring.my pengobatan di Nathan skin & laser centre RM 500 atau Rp.1,5    juta (abdul)

Di Rumah Sakit Indra Denpasar sudah ada terapi untuk vitiligo

RSHS BANDUNG, penyinaran satu kali bayar 80rb wajib dilakukan secara turut menurut selama 2 bulan seminggu 2 kali, cangkok pigmen

Obat Kampung

rebusan daun tapak kuda yang dicampur ama tawas,setelah airnya suam2 kuku anaknya direndam dlm ember,sekarang udah sembuh,mendapat resep baru saya pun ikut mencobanya selama 2 bln,saya rendam bagian yang kena vitiligo umumnya ditanga,tapi belum ada hasilnya

diolesin kapur sirih tiap mo tidur

resep detoksifikasi alami n antioksidan biar imunitas kita bagus biar ngak gampang diserang vitiligo minum tiap pagi 1 gelas air hangat dicampur dengan perasan air jeruk nipis n madu 2 sendok (sebelum minum apapun ya)

ambil sepotong kayu lalu bakar ujungnya dan di ujung yang satu pasti keluar getahnya,dan getahnya ini di oles di vitiligo kita..setiap hari sampai 2bulaN insyaallah sembuh…karna di kampung saya penyakit viti ini hanya dengan kayu merka pakai berobat

Akupuntur selama 2 bulan, vitinya ada yg hilang dan ada yg muncul jg,

Hal yang harus DIHINDARI

kalau kita lagi drop, vitinya jadi cepat berkembangnya

viti dihindari makan telur,ikan laut,jeroan,minuman bersoda,berpengawet,pewarna

KUNYIT

Stress

saya mau bagi pengalaman saya aja, selama 10th ini saya sdh coba macam2 cara, dari sinar, jemur dgn matahari(sebelumnya pakai delsoralen, dan minum obat dulu, baru jemur), trapi dokter hembing, protopic, cuci usus, obat godokan dari shinshe, pernah melepuh juga kena matahari, beli novotil, beli anti vitiligo dari internet, ditatto, aromaterapi bellair, lamberger dll, saya sampai lupa, obatnya yg manjur selama ini adalah terima kenyataan bahwa saya mengidap penyakit vitiligo yg susah disembuhkan dan jalanin hidup ketemu dgn penderita vitiligo di sebuah mall,dia sdh menghabiskan seperti biasa aja dan tetap bersemangat, kemarin saya uang ratusan juta rp untuk menyembuhkan vitiligonya, dia sdh pernah dilaser di rs gading pluit katanya, tapi tidak ada hasilnya juga, dia juga blg yg penting semangat, untuk teman2ku semua, kalau susah sembuhnya tetap semangat yah

According to my observation tropical treatment is quite better Cure of vitiligo because there has no side effect as well as negative effects. Other thing is you can apply it for some affected part of your body for testing purposes. And final thing which you need is tropical treatment is quite faster than homeopathy.Thanks tohttp://www.antivitiligo.comVitiligo results from a derangement of your normal defense mechanisms against infection. The body starts producing antibodies against pigment producing cells of its own skin.

jgn prnh stress.perbnyak knsumsi vit.b kmpleks+asam folat,krna bs menghntikan pertmbhan vitiligo.jgn mkn ikan laut,pngawet,dan air es.trus,sistim ke2balan tbh hrs slalu djaga jg.krna,vitiligo trjadi akbt sistem imun tbh kita tdk berfngsi nrmal.kalo pake lada htam,cpet jg lho hasilnya.tmbuk,kasih air dikit,lalu olesin.jemur kira2 2menit pada mthari pagi.coba deh lht hasilnya

 

Posted in vitiligo dan pengobatanya | Leave a comment

Hello world!

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!

Posted in Uncategorized | 1 Comment